Laman

Wednesday, November 2, 2011


Mekanisme Gerak

Gerak.. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kata kata ini. Kita berjalan merupakan gerak, semut berjalan merupakan gerak, kecambah tumbuh termasuk gerak, bola menggelinding, Sepeda motor melaju kita juga menyebutnya gerak. Sebagai calon guru IPA (Ingat IPA) atau yang juga dikenal dengan sains, kita seharusnya tidak memandang gerak dalam 1 segi saja, melainkan dari berbagai segi yakni Fisika, kima, dan pastinya Biologi. Nah.. Untuk menambah wawasan kita mari kita baca artikel tentang gerak dari ketiga tinjauan tersebut..


Gerak dalam tinjauan Fisika

Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal baik hanya sekali maupun berkali-kali. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati.

Jenis / Macam-Macam Gerak dalam fisika antara lain:

Gerak Semu atau Relatif
Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi).
Contoh: Benda-benda yang ada diluar mobil kita seolah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak.

Gerak Ganda
Gerak ganda adalah gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.
Contoh: : Seorang laki-laki melempar puntung rokok dari atas kereta rangkaia listrik saat berjalan di atap krl tersebut. Maka terjadi gerak puntung rokok terhadap tiga (3) benda di sekitarnya, yaitu : Gerak terhadap kereta, Gerak terhadap laki-laki, Gerak terhadap tanah / bumi

Gerak Lurus
Gerak lurus adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. Gerak lurus dapat kita bagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Gerak lurus beraturan (GLB)
Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap dan stabil.
Misal :
  • Kereta melaju dengan kecepatan yang sama di jalur rel yang lurus
  • Mobil di jalan tol dengan kecepatan tetap stabil di dalam perjalanannya.
2. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.
Misalnya :
  • Gerak jatuhnya tetesan air hujan dari atap ke lantai
  • Mobil yang bergerak di jalan lurus mulai dari berhenti

Gerak Melingkar
adalah gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap.
Macam-macam gerak melingka yaitu :

1. Gerak melingkar beraturanGerak Melingkar Beraturan (GMB)
Yaitu gerak melingkar dengan besar kecepatan sudut  tetap
2. Gerak melingkar berubah beraturan (GMBB)
Yaitu gerak melingkar dengan percepatan sudut  tetap

Dalam Fisika, gerak memiliki nilai besaran skalar dan vektor. Kombinasi dari kedua besaran tersebut dapat menjadi besaran baru yang disebut kecepatan dan percepatan. Gerakan pada sebuah benda umumnya dipengaruhi oleh dua jenis energi, yakni Energi Potensial dan Energi kinetik.


Gerak dalam tinjauan Biologi

Sama dengan gerak dalam fisika, dalam tinjauan ilmu biologi gerak juga di definisikan sebagai perpindahan kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati.

Semua makhluk hidup bergerak. Tumbuhan sebagai mahluk hidup juga melakukan gerak. Namun, Gerakan pada tumbuhan sangat terbatas. Gerakan yang dilakukan oleh tumbuhan hanya dilakukan pada bagian tertentu. Misalnya bagian ujung tunas, bagian ujung akar, ataupun pada bagian lembar daun tertentu. Pada prinsipnya, gerakan tumbuhan terjadi karena adanya proses pertumbuhan dan adanya kepekaan terhadap rangsang atau irritabilitas yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut. Sebagai tanggapan terhadap rangsang terebut, tumbuhan melakukan gerakan yang mungkin menuju kearah rangsang atau menjauhi, atau melakukan gerak tanpa menunjukan arah tertentu.

Berdasarkan ransangnya gerak di begi menjadi dua macam:

1.       Gerak Endonom
Yaitu gerak yang tidak dipengaruhi ransang dari luar, termasuk didalamnya adalah
  • Gerak protoplasma sel tumbuhan
  • Gerak higrokopis, misalnya pecahnya sporangium paku/ lumut yang sudah tua karena dipengaruhi oleh kadar air
2.       Gerak Eksionom
Yaitu gerak yang dipengaruhi ransang dari luar, terbagi menjadi tiga macam gerak yaitu

a. Tropis
Tropisme adalah gerakan tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang dari luar. Rangsang dari luar yang mempengaruhi gerak tumbuhan ada bermacam-macam. Berdasarkan jenis rangsangan tersebut, tropisme dibedakan menjadi:
  • Fototropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang cahaya.
  • Geotropisme adalah gerakan bagian tumbuhan karena pengaruh gravitasi (gaya tarik) bumi.
  • Hidrotropisme adalah gerak bagian tumbuhan menuju kearah yang basah atau berair.
  • Tigmotropisme adalah gerak tumbuhan dari bagian tumbuhan akibat persinggungan. Contohnya sulur markisa dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.


b.      Taksis
Tumbuhan umumnya hanya mampu melalukan gerak pada sebagian anggota tubuhnya, Namun, pada tumbuhan tingkat rendah mampu melakukan gerak berpindah tempat. Seluruh tubuhnya berpindah. Misalnya, tumbuhan euglena dan bakteri besi. Gerak seluruh tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh datangnya rangsang disebut gerak taksis.
Berdasarkan rangsang penyebabnya, taksis dibedakan menjadi fototaksis dan kemotaktis. Fototaksis dipegaruhi cahaya sedangkan kemotaksis dipengaruhi zat-zat kimia

c.       Nasti
Daun putri malu akan menutup apabila disentuh. Dan setelah didiamkan agak lama, daun tersebut akan membuka kembali. Gerak tersebut sebagai tanggapan atas reaksi yang datang dari luar, sedangkan arah gerakannya tidak ditentukan oleh arah datangnya rangsang. Gerakan tersebut disebut gerkan nasti.

Gerak nasti dibedakan menjadi dua:
  • Seismonasti adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh rangsang sentuhan.
  • niktinasti adalah gerak tubuh tumbuhan karean adanya rangsang intensitas cahaya yaitu gelap atau terang.
Gerak pada Hewan dan Manusia
Gerakan tubuh dimungkinkan terjadi karena adanya kerjasama antara tulang dengan otot. Otot dikatakan sebagai alat gerak aktif, sedang tulang dikatakan sebagai alat gerak pasif. Pada umumnya gerak terjadi secara sadar, namun ada pula gerak yang terjadi secara tidak sadar yaitu gerak reflek

Mekanisme gerak biasa

Mekanisme gerak reflek



Gerak dalam tinjauan Kimia

Semua zat tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil dan tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Partikel-partikel tersebut selalu bergarak dan tarik menarik. Jika suatu benda dipananskan, gerak antar partikelnya semakin cepat. Partikel-partikel inilah yang mempengaruhi sifat zat padat, cair dan gas.

Gerak partikel pada Zat padat



Partikel Zat padat tersusun teratur dan mempunyai jarak antarpartikel rapat. Gerakan partikelnya bergetar disekitar kedudukan setimbangnya. Gerakan bergetar ini disebut gerakan vibrasional

Gerak partikel pada Zat cair




Partikel  Zat cair tersusun pada posisi yang kurang rapat dibandingkan dengan partikel zat padat. Gerakan partikelnya dapat bergerak bebas untuk berpindah tempat. Gerakan partikel-partikel ini disebut gerakan translasional

Gerak partikel pada Zat gas



Partikel  gas memiliki jarak antar partikel yang sangatlah besar.. Gerakan partikelnya dapat bergerak bebas dengan kecepatan dan arah yang acak sehingga gas memenuhi ruangan yang ditempatinya.. Gerakan partikel-partikel ini disebut gerakan kompresible


DAFTAR PUSTAKA

Junaidi, Wawan.2009. Mekanisme gerak otot. Diakses melalui “http://wawan-junaidi.blogspot.com/2009/12/mekanisme-gerak-otot.html“ pada tanggal 17 September 2011 di Pamekasan Madura.
______________.2006. Pengertian Gerak Serta Macam & Jenis Gerak. Diakses melalui “http://organisasi.org/pengertian_gerak_serta_macam_jenis_gerak_semu_relatif_ganda_dan_lurus_belajar_online_internet_gratis_ilmu_science_fisika/” pada tanggal 16 September 2011 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuaan Alam Universitas Negeri Surabaya.
______________.2011. Gerak. Diakses melalui “http://id.wikipedia.org/wiki/Gerak/?gfvc423ws“ pada tanggal 16 September 2011 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuaan Alam Universitas Negeri Surabaya.
_____________.2009. Gerak pada tumbuhan. Diakses melalui “http://javierarifuddin.blogspot.com/2009/02/sistem-gerak-pada-tumbuhan.html“  pada tanggal 17 September 2011 di Pamekasan Madura.
____________.2010. Gerak pada tumbuhan. Diakses melalui “http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2011994-gerak-pada-tumbuhan/#ixzz1YLK4xHMw“  pada tanggal 18 September 2011 di Surabaya.
____________.____. Mekanisme Gerak. Diakses melalui “http://www.scribd.com/doc/52471266/59/MEKANISME-GERAK“  pada tanggal 18 September 2011 di Surabaya. 

0 comments:

Post a Comment