Laman

Monday, January 30, 2012


Danbo, Boneka Kardus dengan Jiwa

DANBO.. DANBO.. DANBO.. Siapa DANBO?

Mungkin tidak semua orang kenal dengan Danbo, ya... siapakah Danbo?. Bagi sebagian fotografer mungkin sudah kenal siapa itu Danbo, Danbo sering digunakan sebagai objek fotografi yang menarik. Action Figur yang berbentuk “robot kardus” asal Jepang ini memang manarik untuk dijadikan sebagai objek fotografi.


Danbo itu sendiri merupakan suatu singkatan dari Danboard, yang merupakan salah satu 'action figure' dari seri Revoltech yang diproduksi oleh perusahaan Kaiyodo di Jepang kreasi dari Azuma Kiyohiko seorang komikus serial manga Yotsuba. Danbo merupakan salah satu karakter yang terdapat pada manga Yotsubato!. Manga yang bergenre komedi ini menceritakan tokoh utama bernama Yotsuba, yaitu seorang gadis kecil unik dengan kepribadian yang luar biasa.. Bentuk boneka ini sangat unik, dibuat dari kertas karton board dan menjadi yaitu action figure dengan penampilan seperti manusia dengan ukuran mini 7 cm dan 13 cm.

Danbo versi aslinya dalam manga Yotsubato

Karakter Danbo muncul pertama kali di manga Yotsubato! pada volume 5 chapter 28 dengan judul Yotsuba & Danbo. Di chapter itu diceritakan bahwa nama Danbo berasal dari Danbooru, nama perusahaan dan produk pengepakan di Jepang.

Hingga akhirnya, karakter Danbo dapat menyita publik jepang dengan bentuknya yang unik dan terlihat “lucu”. Disitulah awal mula dari kemunculan Danbo. Hingga akhirnya pada masa sekarang ini, dengan semakin banyaknya kolektor action figure maka karakter Danbo ikut di produksi. Akan tetapi entah kenapa hanya karakter Danbo yang lebih sering digunakan sebagai objek fotografi oleh para fotografer-fotografer.

Amazon pun kemudian membuat dan menjual mainan figurinnya di situs mereka. Kenapa kardus karton? Karena Amazon setiap hari mengirim barang yang mereka jual dengan cara dimasukan ke dalam kardus-kardus karton. Tidak disangka sebuah karakter yang tercipta dari ide yang amat sangat sederhana ini ternyata disukai oleh para otaku mania.


Pola boneka Danbo

Perusahaan yang membuatnya menggunakan teknologi tinggi di setiap persendian boneka ini sehingga membuatnya mampu bergerak luwes. Ekspresi dari si kardus imut ini menjadi daya tarik utama. Danbo sendiri di jepang dijual dengan harga mulai dari 5000 yen atau sekitar Rp. 500.000 rupiah per bijinya. Dalam serial manganya danbo mungil ini dapat bergerak ketika ada koin yang dimasukan kedalam mulutnya. Anda tertarik memilikinya? Saat ini boneka kardus ini bisa dipesan Online di Amazon.jp.

Nah.. berikut ini si Danbo lagi berpose di depan kamera.. Gemes banget deh :)


 







 



6 comments:

Anonymous said...

komen ah....

suka postingan ini :D

emoed said...

harga mulai 500 rb ampek brp ya???
mw tx tok kok...

Unknown said...

eh ajarin aku buat blog, kyak kamu

Zumrotul Firdaus said...

Ariya : terimakasih

emoed : coba anda tanyakan di amazon.com, kalau tanya saya, jujur belum tau karena belum pernah membeli

Zumrotul Firdaus said...

Romy : untuk membuat blog sebenarnya gak susah kok, cuma butuh waktu dan kreatifitas
backgroundnya pun disediakan beraneka ragam oleh blogspot
tinggal menambahkan gadget-gadget yang kita inginkan

pink rockr said...

thanks artikel & templatenya :)

Post a Comment